Cari Promo Toyota Terdekat? Ini Dia Solusi Terbaiknya

Keberadaan promo Toyota terdekat memang semakin banyak diburu oleh masyarakat terutama buat mereka penggemar otomotif. Buat anda yang mau membeli mobil baru pertama kali ataupun ingin mengganti mobil lama anda, Toyota …

6 Fakta Menarik di Balik Brand Terkenal Unilever

Perusahaan Unilever memang sudah dikenal banyak orang. Banyak sekali orang di seluruh dunia yang bergantung dengan produk Unilever. Tak mengherankan jika ada banyak sekali tepat yang jual produk Unilever baik itu …

3 Menu Sarapan Pagi Anak yang Praktis dan Sehat

Sarapan pagi sangat penting bagi anak-anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak yang rutin sarapan pagi tentu saja akan lebih fokus untuk menjalani hari-harinya. Nah, berikut ini 3 menu sarapan pagi anak …

5 Tips Jitu untuk Menjaga Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini
0 Comments

Sebagai orang tua, tentu Anda harus tahu bahwa anak berusia dini, sedang berada di periode masa emasnya. Pada tahap usia inilah, perkembangan dan pertumbuhan anak berlangsung dengan pesat. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan benar kesehatan dan ketercukupan gizinya. Anda bisa contek 5 tips berikut untuk menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini.

  1. Biasakan Anak untuk Rajin Cuci Tangan

Ajarkan anak mengenai kebersihan mulai dari hal yang paling simpel sekali pun, misalnya seperti mencuci tangan. Sebagaimana yang Anda tahu, tangan merupakan tempatnya kuman, bakteri, dan virus bersarang. Jika tak dicuci bersih dengan sabun, maka bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit tersebut, bisa masuk ke dalam tubuhnya, sehingga membuat Anda jadi jatuh sakit.

Ajak anak bersama-sama dengan Anda, untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah membuang sampah, atau setelah membuang ingus. Jangan lupa mengingatkannya untuk cuci tangan dengan sabun, serta dengan gerakan mencuci tangan dengan benar. Tangan yang bersih merupakan awal dari hidup sehat.

  1. Cukupi Asupan Nutrisi Harian Anak

Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan dengan benar komposisi dari menu makanan yang Anda sajikan untuk anak. Pastikan makanan yang mereka santap tersebut, telah terdiri dari komposisi penting yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Makanan yang dikonsumsi oleh anak, wajib mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan juga serat.

Karbohidrat dan protein memiliki peranan penting sebagai sumber energi dalam tubuh anak. Kemudian, lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses penyerapan vitamin. Vitamin dan mineral di antaranya akan membantu sistem kerja jaringan di dalam tubuh. Terakhir, serat akan memperlancar proses pencernaan dalam tubuh anak.

  1. Periksakan Kesehatan Anak dengan Rutin

Jaga kesehatan anak dengan rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter. Sedari kecil, tingkatkan kekebalan tubuh anak dengan memberinya imunisasi lengkap. Kemudian, jangan lupa untuk melakukan pengecekan gigi dan mata, untuk bisa mendeteksi sedari dini, kemungkinan adanya penyakit pada organ tubuh anak tersebut.

  1. Ajak Anak untuk Aktif Bergerak

Jangan biarkan anak keseringan duduk atau tidur sambil bermain gadget di usianya yang begitu potensial untuk terus tumbuh dan berkembang. Ajak anak untuk aktif bergerak, sehingga fungsi motoriknya bisa berkembang dengan baik. Anda bisa ajak anak bermain bersama, yang secara tak langsung dapat membuat anak mengaktifkan kemampuan motoriknya, yaitu otot dan tulang.

  1. Biasakan Anak untuk Menyikat Gigi 2 Kali Sehari

Kebiasaan menyikat gigi, setidaknya 2 kali dalam sehari, harus sudah ditanamkan pada anak dari usia dini. Dengan begini, kesehatan giginya di masa depan, akan bisa terjamin. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, agar anak tak merasa malas untuk menyikat giginya, terutama sekali di malam hari menjelang tidurnya.

Selalu contohnya kebiasaan ini pada anak Anda, dengan mengajaknya bersama-sama untuk menyikat gigi. Agar anak lebih bersemangat, Anda bisa belikan sikat gigi dengan desain berupa karakter animasi yang disukainya. Tak lupa, sediakan odol dengan cita rasa buah yang ia sukai, agar ia merasa nyaman menggunakannya untuk membersihkan giginya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan gizi anak usia dini, di antaranya adalah dengan 5 cara yang disebutkan di atas. Dengan terpenuhinya gizi anak di masa emasnya ini, begitu pun dengan kesehatannya yang terjaga, maka tumbuh kembangnya akan bisa berjalan dengan maksimal.